Perampokan Bank CIMB Niaga Medan

Mabes Polri menyampaikan bahwa aksi Perampokan Bank CIMB Niaga Medan berkaitan dengan enam aksi teroris. Ketujuh aksi teroris tersebut dilakukan oleh jaringan teroris yang sama, yang salah satu pengendalinya adalah terpidana peledakan Hotel JW Marriott, Toni Togar.

"Kejadian ledakan di JW Marriott dan Ritz-Carlton 17 Juli 2009, pelatihan bersenjata di Aceh Februari 2010, penangkapan Dulmatin di Pamulang 9 Maret 2010, pengungkapan kepemilikan amunisi dan magazin oleh Maulana di Cawang dan Cikampek 12 Mei 2010, penangkapan Abdullah Sunata dan Yuli Harsono di Klaten Juni, kepemilikan bahan peledak oleh Hamzah dkk di Cikuda Bandung, perampokan CIMB Niaga Medan, satu sama lain dilakukan jaringan yang sama," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen (Pol) Ketut Untung Yoga Ana dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (29/10/2010).

Dikatakan Yoga, Toni Togar alias Indrawarman yang menjalani hukuman di Rumah Tahanan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, itu aktif merekrut personel baru, membentuk suatu kelompok dari dalam sel penjara. Kelompok bentukan Toni tersebut bernama Kelompok Mujahidin Indonesia yang membawahi Kelompok Mujahidin Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Riau, Lampung, Kalimantan, dan Medan. "Mairnya dia (Toni Togar) sendiri," tambah Yoga.

Kemudian kelompok tersebut, menurut Yoga, merencanakan strategi mengumpulkan dana untuk kegiatan jihad dan membebaskan anggotanya yang ditahan. "Membebaskan mujahidin yang ditangkap maupun ditahan, termasuk dia (Toni) sendiri," kata Yoga.

Adapun personel baru yang direkrut Toni dari dalam penjara antara lain Iwan Rizki alias Iwan Cina, salah satu DPO pelaku perampokan Bank CIMB Niaga Medan pada 2010. "Togar juga punya hubungan dengan dua orang Indonesia yang bergerak di Malaysia dan Thailand yang bertugas pengumpul senpi (senjata api)," imbuh Yoga.

Salah satu dari dua orang yang bergerak di Malaysia dan Thailand tersebut, yakni Taufik Marzuki, tertangkap pada 29 September 2010. "Yang bersangkutan (Taufik) saat ini di tangan Densus 88 untuk pemeriksaan," imbuhnya.

0 Response to "Perampokan Bank CIMB Niaga Medan"

Posting Komentar