Daftar isian penggunaan anggaran

Daftar isian penggunaan anggaran atau DIPA dibagikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Selasa (20/12/2011) besok. Setelahnya, persiapan tender berbagai proyek pembangunan di daerah bisa dilakukan. Kalau sudah ada pagu definitif, bisa tender," ujar Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Jakarta hari ini.

Tender dimulai dengan persiapan administrasi, pembentukan tim pengadaan, kuasa pengelola anggaran. Bila pemerintah daerah dapat bergerak cepat mempersiapkan segalanya, pengumuman lelang dan tahapan awal bisa dimulai sebelum tahun 2011 berakhir. Adapun penandatanganan kontrak dan pelaksanaan proyek tetap 2012.

Percepatan tender proyek ini diharapkan dapat mengefektifkan kerja pembangunan. Saat ini, umumnya proyek pemerintah baru berlangsung pertengahan tahun anggaran atau malah lebih lambat lagi. Sebab, proses tender sampai eksekusi memakan waktu berbulan-bulan.

Kendati demikian, rekapitulasi evaluasi APBD sampai saat ini belum bisa dilakukan Kementerian Dalam Negeri. Sampai kemarin, menurut Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kemendagri Yuswandi Temenggung, baru sekitar 20 daerah yang menyampaikan APBD-nya.

0 Response to "Daftar isian penggunaan anggaran"

Posting Komentar